Cara Tepat Pemupukan Kelapa Sawit

Sekali pun sawit termasuktanaman keras. Pohon sawit tetap memerlukan perawatan dan pemupukan. Perawatan di sini adalah membersihkan “piringan” pada tanaman kelapa sawit agar buah dalam tandan tidak terganggu hama. Piringan adalah bulatan di sekeliling tanaman sawit yang tidak boleh ditumbuhi rumput.

Pemupukan kelapa sawit dalam hal ini tidak bisa dilakukan sembarangan
atau terus-menerus setiap hari diberi pupuk. Waktu pemupukan biasanya dilakukan  ketika curah hujannya kecil dan tidak boleh ketika sedang musim hujan. Pupuk yang baik sebaiknya dapat memperbaiki kemasaman tanah dan merangsang perakaran.

Pemupukan dilakukan 2 – 3 kali dalam setahun tergantung pada kondisi lahan, jumlah pupuk, dan umur atau kondisi tanaman. Khusus untuk pemupukan pada tanah berpasir atau lahan gambut dianjurkan untuk dilakukan pemupukan lebih banyak. Pemupukan yang banyak mungkin baik bagi tanaman sawit, tetapi perlu dipikirkan dari sisi ekonomisnya juga.namun salah satu alternatif lainnya yaitu dengan menggunakan pupuk Kal Sul Mag merk KUNCI TANI perbandingan estimasi harga lebih murah dibanding pupuk lainnya.

Metode dan Dosis Pemupukan Kelapa Sawit

    Pemupukan boleh dilakukan dengan menggunakan metode atausistem tebar dan sistem benam.Menggunakan Pupuk Kal Sul Mag merk Kunci Tani.

    Apabila menggunakan sistem tebar, sebaiknya pupuk ditebarkan di pinggir piringan antara jarak 0,5 meter pada tanaman muda, sedangkan untuk tanaman yang tua atau dewasa pada jarak 1 – 2,4 meter.

    Pada sistem benam (pocket), pupuk diberikan pada 4 sampai dengan 6 lubang pada piringan di sekeliling pohon. Lalu lubang ditutup lagi supaya pupuk meresap. Sistem benam cenderung digunakan pada areal yang relatif rendah. Sedangkan pada areal gambut atau pasir mudah mengalami erosi.

    Metode pemupukan bisa dilakukan dengan cara-cara manual atau modern. Cara manual adalah menggunakan tenaga manusia dan satu persatu. Sedangkan cara modern menggunakan pesawat terbang atau bisa juga menggunakan traktor. Selama ini pemupukan manual adalah yang paling umum dilaksanakan karena lebih murah dan lebih teliti.

    Pemupukan biasanya dilakukan 2 kali dalam setahun, yakni saat awal musim dan akhir musim penghujan.
dengan menggunakan Pupuk Kal Sul Mag merk KUNCI TANI.Pupuk kalsulmag diformulasikan khusus untuk kelapa sawit dan tanaman keras lainya.